EnglishArabicFrenchGermanIndonesianChinese (S)

Jasa Pembuatan Website dengan S.E.O

outside

Yap & Lim Pte Ltd ( Singapore )

Triple Pick Coffee ( Australia )

Pratama Jaya Cargo ( Surabaya )

CV. Cahaya Mandiri ( Singkil )

PT. Usaha Mulia Gas ( Jakarta )

Lampuan ( Subussalam )

PT. PLN Flores Timur

Aceh Shimbun ( Banda Aceh )


Bisnis dan Marketing

8 Cara Tarik Pelanggan via Internet

PDF Cetak E-mail

 

Kini sudah saatnya meninggalkan metode cold calling (menelpon calon pelanggan tanpa diminta) dan mengadopsi cara lain yang lebih beretika dan efisien dalam menarik pelanggan. Berikut adalah 8 cara tersebut:

1.SEO (Optimasi mesin pencari)
Seni kreatif SEO mencakup integrasi kata kunci dan frase penting ke konten website bisnis Anda, karena akan memudahkan konsumen untuk menemukan Anda di web. Lakukan optimasi secara wajar untuk menarik pengunjung Internet ke situs bisnis. Tetapi hati,hati jangan sampai terlalu mengandalkan SEO. Banyak yang terlalu mengandalkan SEO hingga mereka lupa dengan faktor lain: memberikan manfaat bagi pengunjung situs.
2. Iklan
Tujuan beriklan ialah menjangkau lebih banyak konsumen potensial. Anda harus bersabar dalam hal ini karena pemasukan setelah beriklan mungkin tidak seinstan yang lain. Iklan yang sukses memerlukan riset dan strategi yang sangat fokus. Jangan mencoba menarik semua segmen konsumen. Itu hanya akan menghancurkan diri Anda. Anda tidak bisa memuaskan semua konsumen. Bidiklah kelompok yang benar-benar spesifik. Jika yang lain tertarik juga, itu hanya bonus.
3. Webinar-internet marketing
Sebuah webinar (seminar di web) adalah versi online seminar yang biasa kita hadiri. Jika webinar disaksikan oleh banyak orang, peluang produk/ layanan Anda dikenal pasar akan jauh lebih baik.
4. Content marketing
Membuat konten yang menarik, entah itu artikel, video, foto, infografik, dan sebagainya akan sangat membantu menarik konsumen potensial dan menarik Google juga.
5. SEM (Marketing di mesin pencari)
Iklan pay per click (PPC) merupakan cara efektif untuk menjaring konsumen saat menjelejahi web dengan mesin pencarian seperti Google dan Yahoo. Dalam SEM, Anda bisa beriklan dengan memasang kata-kata promosi di halaman hasil mesin pencarian.
6. Optimasi mobile
Makin banyak orang mengakses situs dengan perangkat mobile (smartphone dan tablet). Pastikan situs bisnis Anda sudah mobile friendly (tertampil baik dan mudah dijelajahi saat diakses dari perangkat mobile).
7. Marketing social media
Prospek dan konsumen akan lebih mudah dijangkau di jejaring sosial saat ini. Tingkatkan minat mereka pada brand Anda dengan melibatkan mereka dalam kampanye digital di social media.
8. Humas
Humas ibarat kendali perahu sebuah usaha. Kehumasan Anda harus secara detil mengatur pro kontra yang timbul atas kegiatan usaha dan aliran konten perusahaan yang disebarkan ke konsumen yang dibidik. (*Akhlis)

 

Sumber : ciputraentrepreneurship

 

Kiat Sukses Berbisnis Online Shop

PDF Cetak E-mail

 

Jika Anda pernah melakukan transaksi atau belanja via online shop, maka Anda berpeluang besar untuk memulai bisnis e-commerce. Tak ada salahnya diseriusi, jika memang bisa menghasilkan pendapatan per bulan yang lumayan.

Andi S Boediman, pakar bisnis e-commerceIndonesia, mengungkapkan kalau para pelaku dan pemilik online shop hari ini adalah mereka yang awalnya merasakan manfaat dari belanja online. Dan Indonesia merupakan pangsa pasar yang tepat, karena sedang bertumbuh dan berpeluang untuk dikembangkan.

"Saat ini setiap orang bisa menjadi pebisnis, termasuk ibu rumah tangga, tergantung mau diseriusi atau tidak," ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com.

Selain Andi, turut hadir William Tanuwijaya, pendiri dan CEO Tokopedia, dan Andry Adiwinarso, Vice President Sales and Marketing RPX Group,

Menurut Andi, dari studi yang ia lakukan terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia, terjadi peningkatan drastis sejak tahun 2011. Banyak yang membuka bisnisnya via internet lalu share via social media, seperti facebook, twitter, bahkan lewat blackberry messenger.

Meningkatnya jumlah kelas menengah di Indonesia menjadi salah satu faktor penunjangnya. Hal ini seiring dengan meningkatnya pengguna internet dan aktivitas jual-beli online yang makin marak.

"Tahun 2009 hanya tiga persen yang berbelanja online, tahun 2011 enam persen, dan tahun ini diperkirakan mencapai 10 persen, yang artinya ada 10 juta pembeli online potensial," ujarnya menambahkan.

Dari pengamatannya, Andi menilai semua bisnis online dibangun oleh satu hal, yakni permintaan yang berulang dari pelanggan, dan ini erat kaitannya dengan kepuasan pelanggan. Karenanya jika ingin menggeluti bisnis online secara serius maka utamakan bagaimana memuaskan keinginan pelanggan.

Selain barang atau produk yang bagus, pelaku bisnis online juga harus konsisten dalam membangun dan mempertahankan kepercayaan. William menuturkan, tantangan terbesarnya kadang banyak yang tidak konsisten, dan tidak mampu memenuhi ketika permintaan mulai banyak.

"Di samping itu, ada empat 'K' yang bisa jadi prioritas dalam bisnis online yaitu kecepatan dan ketepatan pengiriman, kemudahan akses, dan keakuratan informasi," tambah Andry.

Saat seseorang membeli barang via online, tentunya menginginkan barang bagus, dikirim cepat, dan kalau bisa bebas ongkos kirim. Di bagian ini, sebagai pelaku bisnis online mesti bisa menyiasatinya. Apakah kemudian juga menjadikan semua akses terintegrasi tidak lagi manual atau bebas penggunaan kertas.

Andi menuturkan peluang dan potensi bisnis online saat ini sangatlah besar. Ada tiga bidang yang berpotensi untuk sukses, yakni fashion, beauty atau produk perawatan kecantikan, dangadget.

Jika memulai bisnis online, bisa dengan membuka online store atau bergabung denganmarketplace seperti Tokopedia. Tantangan terbesar dalam berbisnis online adalah traffic, bagaimana membuat konsumen mengenal dan melakukan transaksi di toko online Anda. Jika belum punya budget memasang iklan, siasati dengan bergabung dulu di toko yang sudah besar atau marketplace, dan mencoba berbagai promo lainnya.

"Jika saat ini toko offline belum merasa dampaknya, lima atau sepuluh tahun yang akan datang mungkin lain cerita. Bisnis via online terus berkembang," ujar Andi. (*/dari berbagai sumber)

Sumber :  ciputraentrepreneurship

 

Tips Pintar Menjalankan Industri Kreatif

PDF Cetak E-mail

Industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian, berbagai pihak berpendapat bahwa “kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama” dan bahwa “industri abad kedua puluh satu akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi.

Berbagai pihak memberikan definisi yang berbeda-beda mengenai kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam industri kreatif . Bahkan penamaannya sendiri pun menjadi isu yang diperdebatkan dengan adanya perbedaan yang signifikan sekaligus tumpang tindih antara istilah industri kreatif, industri budaya, dan ekonomi kreatif.

Tapi kita tidak mempermasalah arti nama tersebut yang terpenting ekonomi Indonesia bisa berjalan. Kita pahami beberapa tahun belakang ini berbagai macam peluang usaha kreatifpun kini mulai bermunculan di berbagai penjuru nusantara seiring dengan meningkatknya kreativitas masyarakat di negara kita.

Melihat kondisi tersebut, banyak orang mulai tertarik menekuni bisnis kreatif untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya. Mulai dari menekuni bisnis periklanan yang semakin menjanjikan, bisnis kerajinan yang semakin beragam, menekuni bisnis desain yang kian menguntungkan, hingga terjun ke bidang perfilman, dan segudang kegiatan kreatif lainnya seperti bisnis percetakan, pengembangan teknologi informasi, bisnis riset dan pengembangan, bisnis fesyen, dan lain sebagainya.

Maraknya peluang dan banyaknya pekerja kreatif yang bermunculan di berbagai daerah, tentunya membuat persaingan pasar di industri tersebut semakin hari semakin meningkat pesat. Oleh karena itu, untuk membantu para pelaku usaha agar bisa terus bertahan di sektor industri kreatif. Pada kesempatan kali ini sengaja kami uraikan beberapa cara pintar menekuni industri kreatif yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan rantai usaha yang di lansir dari Bisnis UKM.

1. Bidik target dan segmen pasar yang benar-benar potensial.

Dalam menjalankan sebuah usaha, penting bagi kita untuk menentukan target serta segmen pasar yang akan kita bidik. Sebab, hal ini akan sangat mempengaruhi kita dalam menentukan desain produk, strategi pemasaran, kisaran harga, cara pelayanan kepada konsumen, serta rencana pengembangan produk agar lebih kreatif dan inovatif. Dan akhirnya konsumen tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

2. Kenali kelebihan dan kekurangan produk Anda.

Sebuah usaha tentunya tidak bisa terlepas dari adanya resiko persaingan. Karena itu, cermati kelebihan dan kekurangan produk Anda dibandingkan dengan produk lainnya yang sejenis. Misalnya saja membandingkan desain dan kualitas produk Anda dengan milik kompetitor, membandingkan harga produk Anda dengan produk serupa di pasaran, serta membandingkan keunikan strategi pemasaran yang digunakan para pekerja kreatif lainnya. Dengan begitu, Anda bisa mempelajari kekurangan dan kelebihan para kompetitor, dan mulai menonjolkan kelebihan produk Anda untuk menanamkan ciri khas dan identitas tertentu yang membedakan produk Anda dengan yang lain.

3. Jangan terpengaruh perang harga dan mengesampingkan kualitas produk

Meskipun sekarang ini banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba menawarkan harga murah ataupun diskon besar-besaran untuk menjaring calon pelanggan. Sebaiknya Anda jangan terpengaruh dan mengambil strategi yang sama untuk menarik calon konsumen. Sebab, hal tersebut hanya akan melunturkan ciri khas maupun identitas usaha yang Anda bangun, karena biasanya untuk menekan biaya produksi yang lebih murah, para pelaku usaha menurunkan kualitas produk yang mereka tawarkan. Untuk menyiasati kondisi seperti ini, sebaiknya tingkatkan kreativitas Anda dan ciptakan produk unik yang pastinya terjaga kualitasnya

4. Terus belajar dan ciptakan ide-ide segar.

Sebagai pelaku industri kreatif, tentunya Anda harus memiliki wawasan yang luas untuk menciptakan ide-ide segar dan mengembangkan kreasi produk yang Anda tawarkan. Karena itu, teruslah belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang Anda miliki. Contohnya saja seperti dengan membaca buku, mengamati trend pasar melalui majalah, tabloid, dan surat kabar lainnya, mencari ide-ide segar melalui internet ataupun bertemu dengan orang-orang baru untuk berbagi ilmu dan bertukar ide dengan mereka. (HN)

Sumber :  Majalah Marketing

 

Ray-Studio.com Sebagai Top 50 UKM di Dunia Online dari Majalah Marketeers

PDF Cetak E-mail

Apakah Anda punya website?
Ya, kami memiliki website

Kapan website Anda dibangun?
Website kami dibangun pada Bulan Juli 2009

Mengapa Anda membuat website ini?
Kami membangun website untuk memperkenalkan/mempromosikan usaha Kami dibidang jasa pembuatan website

Apa fungsi dari website yang Anda bangun ini?
Kami menjadikan website ini sebagai media promosi

Apa saja yang Anda lakukan di dunia online?

Kami selalu melakukan aktifitas di social media, browsing, mengirimkan penawaran via email maupun social media

Apa yang istimewa dari aktivitas Anda di dunia online?
selama ini kami tidak pernah membayar tenaga marketing "offline", Search Engine dan Social Media adalah Tenaga Marketing kami :)

Apa saja impact yang Anda dapatkan selama ini terhadap peningkatan bisnis Anda?
Website sangatlah luar biasa!  Sejak awal berkecimpung di bisnis ini dan serius melakukan aktifitas pemasaran di dunia online, serta dengan S.E.O dan mengoptimalkan Social Media..kami telah mendapatkan proyek-proyek yang cukup bergengsi. (lihat porfolio di web saya)

Mengapa Anda layak untuk dipilih oleh Majalah Marketeers sebagai salah satu Top 50 UKM Go Online di Indonesia?
Karena kami adalah 1 diantara pelaku bisnis di dunia online yang telah membuktikan bahwa website dan dunia internet adalah sebuah dunia baru yang tidak boleh ditinggalkan dalam setiap aktifitas bisnis.Kami juga selalu mengajak orang lain untuk mengambil bagian dari 'pertarungan' di dunia online untuk pengembangan bisnisnya.


Apa nama akun Facebook dan Twitter Anda?

Facebook : http://www.facebook.com/pages/RayStudio/178214943849

Twitter  : https://twitter.com/#!/raystudioweb

 

Artikel ini ditulis untuk mengikuti pemilihan Top 50 UKM di Dunia Online dari Majalah Marketeers.

 

Rahasia Sukses Orang Jepang

PDF Cetak E-mail
Ippho Santosa01 1
Ippho"right" Santosa

Ramadhan yang lalu (2011) membawa nikmat tersendiri bagi saya. Betapa tidak? Pertama, saya diundang beberapa kali oleh stasiun televisi terkait 7 Keajaiban Rezeki yang kebetulan menjadi buku terlaris dan seminar terbesar di Indonesia sepanjang 2010-2011. Kedua, 7 Keajaiban Rezeki diseminarkan 3 kali di Hongkong dan 2 kali di Jepang, dengan dukungan penuh dari Dompet Dhuafa. Dan tentu saja, selama di Jepang saya menyempatkan diri untuk jalan-jalan di sejumlah kota. Katakanlah di Tokyo, Chiba, Ibaraki, Tsukuba, Hamamatsu, Yokohama, dan Shizuoka (Gunung Fuji). Nah, selama berada di sana setidaknya ada tiga hikmah pembelajaran yang saya petik. Dan tiga hikmah inilah yang akan saya share kepada Anda. Boleh?


Pertama, keramahan. Jamak diketahui, Tokyo merupakan kota dengan penduduk paling padat sedunia. Lihat saja pusat keramaian di Shibuya, yang kebetulan menjadi lokasi shooting film Hachiko, Too Fast Too Furious (Tokyo Drift), dan Resident Evil terbaru. Di sana, ribuan orang menyeberang jalan setiap menitnya. Benar-benar ribuan. Semuanya bergegas. Namun demikian, mereka tetap menjaga keramahan. Contoh kecil saja, di kereta-kereta mereka masih memberikan prioritas duduk kepada lansia.


Selain itu, mereka juga menghargai pejalan kaki, orang asing, kebersihan, antrian, dan anti-klakson. Walau cenderung individualis khas perkotaan, namun mereka tidak pernah melupakan senyuman dan bungkukan badan ketika berinteraksi. Beberapa kali saya masuk toko dan tidak membeli apapun. Tahu apa yang terjadi? Ternyata si pelayan toko tetap mengantar saya sampai di pintu, membungkukkan badan, dan mengucapkan “Terima kasih banyak,” sambil tersenyum lebar. Ramah kan? Itu tidak jadi membeli lho. Bayangkan, kalau jadi membeli.


Kedua, kejujuran. Bukan cuma paling padat, Tokyo juga kota dengan biaya hidup paling mahal sedunia. Sekadar contoh, untuk menggunakan jasa taksi dari airport Narita ke pusat kota Tokyo, Anda harus merogoh uang hampir Rp 3 juta rupiah! Parkir di pusat kota Tokyo? Hm, jangan ditanya! Per jam bisa habis ratusan ribu rupiah! Saking mahalnya properti di sana, KPR-nya bisa 40 tahun! Kendati dibebani biaya hidup begitu tinggi, anehnya di sana hampir-hampir tidak ada pencurian, penjambretan, dan perampokan.


Bahkan kalau barang Anda tertinggal di suatu tempat, tidak perlu panik. Kembalilah ke tempat tersebut dan ambillah barang Anda. Kemungkinan besar, barang Anda tetap utuh. Lihatlah, betapa jujurnya mereka. Padahal banyak di antara mereka yang tidak beragama. Di KTP mereka saja tidak tercantum agama, karena pemerintah menganggap agama tidak terlalu penting dalam kehidupan bernegara. Kuil terkenal di Meiji-Jingu, Harajuku, hanya menjadi simbol spiritual dan tidak diikat oleh aturan agama tertentu.


Ketiga, harga diri. Jepang adalah negara ulet, jauh dari budaya malas-malasan. Tambahan lagi, mereka punya harga diri, jauh dari budaya meminta-minta. Perlu dicatat, tidak semua orang makmur di sana. Itu sudah fitrah semua negara. Iya kan? Akan tetapi, jangankan meminta-minta, menerima tips saja dianggap memalukan bagi mereka. Baik satpam, janitor, pelayan, atau siapa saja, tidak terbiasa menerima tips. Dalam konteks lain, kerap diberitakan, di sana pejabat-pejabat yang ketahuan korupsi atau sejenisnya, pasti mundur bahkan bunuh diri. Saking malunya! Di Indonesia? Boro-boro mundur. Disuruh mundur saja, masih bersikeras. Boro-boro bunuh diri. Salah-salah, orang lain yang dibunuhnya. Ketahuilah, rezeki berpihak pada mereka yang menjaga harga diri. Seperti yang disinggung di bagian awal buku, inilah mental kaya.


Kembali soal berpuasa di Jepang. Walau saya berpuasa 2 sampai 3 jam lebih lama dibanding di Indonesia, walau saya sama sekali tidak merasakan suasana bulan puasa, walau saya susah sekali mencari tempat sholat dan makanan yang halal, namun semua kendala itu saya anggap ringan. Beneran, ringan. Apalagi setelah saya memetik tiga hikmah di atas. Puasa hendaknya luar biasa. Karena menjadikan kita insan yang lebih jujur dan lebih menjaga harga diri. Itu yang semestinya. Bukankah puasa itu ibadah rahasia dan tidak bisa riya-riyaan? Bukankah puasa itu melatih pengendalian diri bahkan terhadap sesuatu yang halal? Bukankah di bulan puasa digalakkan untuk mengeluarkan sedekah, zakat harta, dan zakat fitrah? Memberi, bukan berharap diberi.


Terakhir, ingatlah. Indonesia merdeka ketika bulan puasa. Fatahillah merebut kembali Sunda Kelapa ketika bulan puasa. Nabi Muhammad memenangkan perang Badar ketika bulan puasa. Bahkan Nabi Muhammad menaklukkan Mekkah ketika bulan puasa. Luar biasa kan? Lha, sudah tahu begitu, apa pantas kita mengisi bulan puasa hanya dengan malas-malasan dan tidur-tiduran? Sungguh, tidak pantas. Tolong dicatat, dalam bulan puasa, kalau diam saja adalah ibadah, apalagi berkata-kata yang baik? Kalau tidur saja ibadah, apalagi bekerja dan bekinerja? Sekali lagi, puasa hendaknya luar biasa! Right?

Sumber :  Official Website Ippho Santosa

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL