EnglishArabicFrenchGermanIndonesianChinese (S)

Jasa Pembuatan Website dengan S.E.O

outside

Yap & Lim Pte Ltd ( Singapore )

Triple Pick Coffee ( Australia )

Pratama Jaya Cargo ( Surabaya )

CV. Cahaya Mandiri ( Singkil )

PT. Usaha Mulia Gas ( Jakarta )

Lampuan ( Subussalam )

PT. PLN Flores Timur

Aceh Shimbun ( Banda Aceh )


Apa itu S.E.O ?

PDF Cetak E-mail
kontes-SEO

Setiap kali Anda memasukkan kata kunci di mesin pencari dan Anda akan mendapatkan daftar hasil web yang berisi data kata kunci Anda. Anda biasanya cenderung untuk mengunjungi website yang di bagian atas sampai daftar yang paling bawah atau maksimal pada halaman ke 2, ini dikarenakan data yang tampil adalah yang paling relevan dengan kata kunci Anda. Jika Anda bertanya-tanya mengapa sebagian dari situs yang tampil di halaman pertama dengan peringkat yang lebih baik dari yang lain maka Anda harus tahu bahwa itu adalah karena teknik web marketing yang disebut Search Engine Optimization (SEO).

SEO adalah teknik yang membantu mesin pencari menemukan dan memberi peringkat situs Anda lebih tinggi dari jutaan situs lain sebagai respon terhadap permintaan pencarian. SEO dapat membantu Anda mendapatkan traffic dari berbagai macam search engine.


Bagaimana Search Engine Bekerja?
Pengertian dasar pertama yang perlu Anda ketahui untuk belajar SEO adalah mesin pencari bukanlah manusia.  Tidak seperti manusia, mesin pencari adalah teks minded. Meskipun kemajuan teknologi berkembang dengan pesat, mesin pencari tidak melihat suatu web yang bagus berdasarkan desain yang keren. Sebaliknya, mesin pencari menjelajah web, melihat item situs tertentu (terutama teks) untuk mendapatkan ide tentang apa isi situs tersebut. Mesin pencari akan melakukan beberapa kegiatan untuk memberikan hasil pencarian dengan menjelajah, mengindex, mengolah, menghitung relevansi, dan memberikan laporan hasil pencarian.

Pertama, mesin pencari akan menjelajah suatu website untuk melihat konten atau isi apa yang ada. Tugas ini dilakukan oleh suatu perangkat lunak, yang disebut crawler atau spider (di Google di sebut Googlebot). Googlebot akan mengikuti link dari satu halaman ke halaman web lainnya dan akan mengindex semua yang mereka temukan. Dengan jumlah halaman website di seluruh dunia yang lebih dari 20 Milliar, sangat mustahil bagi Googlebot untuk mengunjungi situs setiap hari hanya untuk melihat apakah ada halaman baru telah muncul atau jika halaman yang ada telah dimodifikasi, terkadang Googlebot akan mengunjungi situs Anda untuk satu atau dua bulan kemudian.

Setelah halaman dijelajahi, langkah selanjutnya adalah indeks isinya. Halaman diindeks disimpan dalam database raksasa, dari mana nanti dapat diambil. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata-kata dan ungkapan yang paling menggambarkan halaman dan menugaskan halaman untuk kata kunci tertentu. Bagi manusia tidak akan mungkin untuk memproses jumlah tersebut informasi tetapi umumnya mesin pencari menangani baik-baik saja dengan tugas ini. Kadang-kadang mereka mungkin tidak mendapatkan arti dari hak halaman tetapi jika Anda membantu mereka dengan mengoptimalkan itu, akan lebih mudah bagi mereka untuk mengklasifikasikan halaman Anda dengan benar dan untuk Anda – untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggiSetelah halaman dijelajahi oleh Googlebot, langkah selanjutnya adalah mengindeks isinya. Halaman di indeks akan disimpan dalam database raksasa, yang mana akan diambil nantinya untuk hasil pencarian. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata-kata dan isi website yang paling menggambarkan halaman tersebut dan menggambarkan halaman tersebut untuk kata kunci tertentu. Kadang-kadang Googlebot mungkin tidak mendapatkan arti dari suatu halaman website, tetapi jika Anda dapat membantu Googlebot dengan mengoptimalkannya, akan lebih mudah bagi Googlebot untuk mengklasifikasikan halaman website Anda dengan benar dan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman pencarian.

Ketika datang permintaan pencarian suatu kata kunci, mesin pencari akan memproses dan kemudian membandingkan kata kunci pencarian dengan halaman website yang sudah terindeks di database mesin pencari.  Karena akan ada beberapa kemungkinan lebih dari satu halaman website yang sama kata kuncinya. Mesin pencari akan menghitung relevansi atau kecocokan yang paling banyak dari halaman website tersebut. Disini mesin pencari akan menggunakan beberapa algoritma untuk menghitung relevansi tersebut. Dan masing-masing algoritma mempunyai bobot relatif yang berbeda untuk faktor-faktor seperti, banyak sedikitnya kata kunci, tautan dan meta tags.

Itu sebabnya beberapa mesin pencari akan menampilkan hasil yang berbeda dari suatu pencarian. Terlebih lagi mesin pencari utama seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya secara periodik akan mengubah metode algoritma mesin pencari mereka. Dan jika Anda ingin website Anda selalu berada di halaman depan, maka Anda juga harus secara periodik menyesuaikan perubahan metode tersebut.

Inilah salah satu alasan Anda (dan kompetitor Anda juga tentunya) untuk mengoptimalkan SEO agar website Anda selalu keluar di halaman pertama mesin pencari.

Nah, sudah di halaman berapa website Anda di mesin pencari?

Sumber :  Web Ferdian